Sejarah Domino dan Cara Memainkannya

Tentu semuanya orang di dunia tidak asing dengan permainan domino! Yah, kemungkinan tidak seluruhnya orang, tapi banyak yang dan sudah nikmati bermain semenjak kecil. Sekarang ini, Anda kemungkinan menanyakan dalam diri sendiri, ‘apa riwayat domino’? Nach, silahkan kita mencari tahu…

Rekomendasi paling awalan yang dijumpai mengenai domino datang dari Dinasti Yuan di Cina pada 1200-an Masehi. Permainan kekinian ada di Italia pada era ke-18. Tetapi, masih jadi mistis bagaimana domino versus Cina berkembang jadi permainan yang sebetulnya; dipercaya misionaris Italia bawa permainan ke Eropa dari Cina.

Saat ini sesudah Anda ketahui sedikit mengenai riwayat domino, silahkan kita telusuri games yang memikat ini lebih detil. Kami akan mengulas bagaimana asal awalnya, langkah apa ketentuannya, dan memainkan. Maka bila Anda siap untuk pelajari semuanya yang perlu Anda kenali mengenai permainan domino yang memikat, silahkan kita awali!
Cina
Seperti disebut sebelumnya, wujud permainan paling tua yang dijumpai datang dari Tiongkok sepanjang Dinasti Yuan.Seorang pria namanya Zhou Mi menulis mengenai hal tersebut dalam text-nya yang dengan judul Bekas Kejadian di Wulin pada sebuah tempat di antara 1232 dan 1298. Didalamnya, dia mengatakan ke-2 nya ‘ kepompong ‘ (domino) dan dadu sebagai barang yang dipasarkan oleh penjual selama saat Kaisar punya Xiaozong memerintah di antara tahun 1162 dan 1189. Zhang Pu (1602-1641) menulis mengenai permainan di Encyclopedia of a Myriad of Treasures yang mengatakan jika itu mengikutsertakan penempatan kartu domino atau ‘ kepompong ‘. Wujud permainan tradisionil yang lain terhitung Tien Gow, Pai Gow, dan Che Deng. Set domino tradisionil tiga puluh dua potong direncanakan untuk sebagai wakil semua peluang gabungan (atau muka) dari 2 dadu yang dilempar, hingga tidak memiliki kandungan muka kosong. Ini berlainan dari 2 puluh delapan sisi set Barat yang dibikin pada tengah era ke-18.

Dari Cina ke Eropa
Saat permainan datang di Eropa pada era ke-18, itu pertama kalinya kelihatan di Italia (Venesia dan Napoli). Versus kekinian ini menyaksikan permainan tradisionil Tiongkok berbeda supaya lebih sesuai budaya Barat. Set permainan Eropa berisi 7 kartu domino tambahan, 6 salah satunya sebagai wakil nilai yang didapat dari melemparkan 1 dadu dengan setengah ubin yang lain didiamkan kosong. Potongan ketujuh sebagai wakil gabungan kosong atau 0-0. Sesudah datang di Italia, permainan itu sampai ke Prancis , di mana dia jadi benar-benar terkenal.Selanjutnya, di akhir era ke-18, Domino ada di Inggris ; dipercaya jika sandera perang Prancis bawa permainan itu bersama mereka. Domino permainan tidak dikenali di Eropa sampai era ke-18. Satu teori merekomendasikan itu berkembang jadi wujud modernnya pada sebuah tempat di Republik Dominika ditambah dulu. Pertanda gelap di muka putihnya nampaknya mengingati orang pada kedok bola kedok (lubang matanya kerap disebutkan ‘domino’). Dengan begitu, memberi potongan permainan nama mereka saat ini.

Teori lain menunjukkan jika permainan memperoleh namanya dari kata Prancis “Domino,” yang merujuk pada tudung hitam dan putih yang dipakai oleh pendeta Kristen Prancis sepanjang musim dingin. Sekarang ini, beragam versus permainan Domino dimainkan di semua dunia. Walau datang dari China, games ini cukup terkenal di Amerika Latin, khususnya di teritori Karibia.

Bagaimana Anda Bermain Domino?

Langkah umum untuk bermain domino kerap dikatakan sebagai ‘ Domino Lempeng’.Yang Anda perlukan hanya satu set ubin dan beberapa rekan untuk tergabung dalam kesenangan! The delapan cara yang dibutuhkan untuk bermain (dengan 2 sampai 4 orang) mencakup berikut:

Langkah awal

Mengatur permainan dengan mengocak kartu domino mengarah ke bawah di atas yang keras seperti meja. Minta tiap pemain pilih satu ubin. Pemain yang mempunyai dobel paling tinggi jadi yang pertama. Bila dobel tidak diambil, karena itu orang dengan ubin paling berat (atau mayoritas titik hitam, dikenal juga sebagai ‘pips’) bisa menjadi yang pertama.

Cara Ke-2

Meminta tiap pemain untuk pilih tujuh kartu domino darimanakah saja di timbunan yang dikocak. Sesudah ubin diambil, tidak bisa ditempatkan kembali ke pijakkan. Taruh tujuh kartu domino di muka Anda hingga cuman Anda yang dapat menyaksikannya.

Cara ke-3

Untuk mengawali ronde, orang yang menggambar lebih dulu menempatkan ubin apa saja yang ia harapkan. Sebagai gagasan baik untuk menempatkan ubin yang Anda ketahui bisa Anda cocokkan dan bangun saat gantian Anda lagi.

Cara Empat

Bersimpangan arah jarum jam disekitaran meja, teruskan menempatkan ubin untuk membuat. Ubin harus mempunyai segi yang pas dengan ujung terbuka dari tiap sisi dimainkan sebelumnya. Teruskan bermain sampai seseorang tak lagi mempunyai ubin yang tersisa.
pemain permainan tradisionil domino di kuba

Cara Lima

Bila Anda tidak bisa mainkan ubin, tentukan yang baru dari pijakkan. Bila ubin baru ini pas dengan suatu hal yang telah berada di atas meja, mainkan. Bila tidak, tambah ke tangan Anda, dan pemain selanjutnya ambil gilirannya.

Cara Enam

Perputaran usai (dan menang) saat seorang pemain tak lagi mempunyai ubin yang masih ada pada tangannya. Ini harus memerlukan waktu minimal tujuh perputaran, ataupun lebih bila seluruh pemain pada akhirnya ambil ubin extra dari timbunan undian.

Cara Tujuh

Sesudah perputaran, tiap pemain harus hitung score mereka dengan menambah jumlah keseluruhan pips pada ubin yang masih ada pada tangan tidak dimainkan, atau mereka. Di selembar kertas, tambah beberapa angka itu ke score pemenang.

Cara Delapan

Teruskan permainan dengan mainkan set ke-2 secara seperti yang pertama. Permainkan sampai seorang capai 100 point, hingga memenangi permainan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *